MK Gelar Sidang Uji Materi UU Pilkada Terkait Cuti Kampanye

Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang perdana atas laporan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam perkara pengujian Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mengenai judicial review cuti selama masa kampanye.Terkait hal itu, Ahok mengaku akan hadir di persidangan.

Pengujian UU Pilkada terkait cuti kampanye ini diajukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sebelumnya, Ahok merasa keberatan dengan aturan cuti kampanye yang sudah sangat jelas tertera dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang menyebutkan bahwa calon gubernur dan wakil gubernur yang menjabat harus mengambil cuti selama masa kampanye.

Mengenai peraturan cuti kampanye tertuang dalam Pasal 70 Ayat 3, yang berbunyi, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota, yang mencalonkan kembali pada daerah yang sama, selama masa kampanye harus memenuhi ketentuan:
a. menjalani cuti di luar tanggungan negara; dan
b. dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Kebijakan Ahok menolak cuti kampanye menuai protes dari berbagai kalangan. Hal terjadi karena dikhawatirkan Ahok akan menyalahgunakan kekuasaan dan kewenangan disaat masa kampanye Pilkada mendatang. Hal itu mengingat dirinya adalah berstatus petahana.

Selain sidang uji materi UU Pilkada terkait cuti kampanye, Mahkamah Agung juga akan menggelar sidang pengujian UU MA dan UU MK mengenai pengisian jabatan hakim MA dan hakim MK.

sumber: Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s