Mendagri Minta Judicial Review Ahok Jangan Ganggu Tahapan Pilgub DKI

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sedang mengajukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK), meskipun begitu tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta tetap berjalan sesuai rencana.

Ahok sedang mengajukan uji materi Pasal 70 Ayat (3) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Ahok memprotes pasal tersebut yang mewajibkan setiap kepala daerah petahana yang maju di pilkada untuk mengambil cuti saat kampanye.

Ahok menginginkan agar MK meninjau kembali kemungkinan adanya pilihan bagi calon petahana yang tidak ingin kampanye agar tidak perlu mengambil cuti.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjelaskan jika Ahok keberatan terkait dengan Undang-Undang PIlkada maka dipersilakan untuk mengajukan judical review ke MK. Tapi tetap tahapan-tahapan yang dilakukan KPU (Komisi Pemilihan Umum) nanti tidak bertentangan dengan UU.

Menurut Tjahjo, adanya uji materi yang dilakukan Ahok jangan sampai menganggu rencana KPU untuk melaksanakan Pilkada serentak pada Februari 2017 nanti.

“Yang penting tahapan sampai hari H jangan digeser karena digeser satu hari akan memengaruhi semua tahapan, sudah diperhitungan dengan baik oleh KPU,” tukas Tjahjo.

sumber: Okezone

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s